Pengukuran


Pengukuran didefinisikan sebagai proses membandingkan suatu besaran dengan besaran lain (sejenis) yang di pakai sebagai satuan. Misalnya, mengukur dengan pulpen, panjang meja adalah 5 pulpen , dengan jengkal tangan, panjang meja adalah 4 jengkal tangan.

A.    Alat Ukur Panjang
Satuan standar untuk panjang adalah meter.Satu meter sama dengan jarak yang di tempuh oleh cahaya dalam ruang hampa selama 1/299.792.458 sekon.Besaran panjang di ukur menggunakan mistar,stickmeter(meteran gulung),jangka sorong,dan micrometer sekrup.Masing-masing alat ukur tersebut memiliki perbedaan dalam ketelitian mengukur panjang.

1.      Mistar Dan Stikmeter









 

                                                               Mistar                                                                       Stickmeter

Jarak antara dua garis tebal yang berdekatan pada mistar sama dengan satu sentimeter,sedangkan jarak antara dua garis tipis yang berdekatan sama dengan satu millimeter.Maka setiap satu centimeter terdapat 10 garis tipis atau 10 milimeter angka.Dengan demikian,mistar memiliki satuan terkecil 1 mm atau 0,1 cm sehingga ketelitian mistar adalah 1 mm atau 0,1 cm.Stickmeter memiliki satuan dan ketelitian yang sama dengan mistar.

2.       Jangka Sorong


 


Jangka Sorong mempunyai ketelitian mencapai 0,1 mm.Jangka sorong memiliki dua skala,yaitu skala utama dan skala nonius. Jangka sorong mempunyai 2 bangian kaki pengukur,yaitu bagian yang cembung untuk mengukur panjang benda dan bagian yang cekung ke dalam untuk mengukur diameter dalam sebuah benda, misalnya diameter dalam cincin.





3.       Mikrometer Sekrup

Mikrometer sekrup digunakan untuk mengukur ketebalan benda-benda yang sangat tipis atau benda yang kecil,misalnya untuk mengukur ketebalan,aluminium. Mikrometer Sekrup memilik 2 skala, yaitu skala tetap dan skala putar.Ketelitian Mikrometer Sekrup mencapai 0.01 mm sehingga dapat mengukur benda-benda yang kecil.


B.   STANDAR DAN ALAT UKUR MASSA
Satuan standar untuk massa adalah kilogram. Satu kilogram di definisikan massa dari suatu silinder yang di buat dari campuran platina-iridium yang kilogram standar. Alat ukur yang di gunakan untuk mengukur besaran massa adalah neraca.Terdapat beberapa jenis neraca, antara lain sebagai berikut.

1.         Neraca Duduk


          Neraca duduk biasanya di gunakan untuk menimbang berbagai kebutuhan pokok rumah tangga,seperti gula,minyak,ikan,dan sayur mayur.Neraca tersebut sering kita lihat di pasar. Neraca memilik 2 sisi. Benda yang akan  di ketahui massanya di letakan pada satu sisi dan anak timbangan yang telah di ketahui massanya di letakan pada sisi yang lain sehingga terjadi keseimbangan.Jika keseimbangan telah terjadi,maka massa benda yang di ukur sama dengan jumlah anak timbangan di sisi yang lain. Misalnya, massa benda yang akan di timbang di letakan pada sisi kiri dan sisi kanannya terdapat anak timbangan 0,5 kg dan 1 ons.Jika terjadi keseimbangan, maka massa benda itu adalah 0,1 kg + 1 ons = 0,5 kg + 0,1 kg = 0,6 kg.
                                                                              





2.      Neraca Elektronik





Neraca elektronik sangat praktis di gunakan karena massa yg di ukur secara otomatis langusng terbaca pada layar. Di dalam pengoperasinya, neraca ini menggunakan tenagan listrik.

3.      Neraca Lengan

 




Neraca lengan ada 2 macam,yaitu neraca 2 lengan dan neraca 3 lengan. Cara kerja neraca 2 lengan sama dengan neraca duduk. Sementara itu, pada neraca 3 lengan,sebelum melakukan penimbangan jarum penunjuk harus di letakan pada sisi nol d sebelah kiri. Setelah benda di letakan,ketiga jarum di gerakan sampai pada posisi seimbang.Neraca 3 lengan mempunyai 3 lengan skala,yaitu lengan pertama dengan garis tebal yang terdekat bernilai 100 g,lengan kedua dengan garis tebal yg terdekat bernilai 10 g,dengan lengan ketiga dengan garis tebal yang terdekat bernilai 1 g.


C.    STANDAR DAN ALAT UKUR WAKTU
Satuan standar untuk waktu adalah sekon atau detik. Semula 1 sekon di definisikan sebagai waktu yang lamanya 1/86.400  hari rata-rata perputaran  bumi. Karena dari tahun ketahun waktu perputaran bumi berubah, standar waktu tersebut tidak lagi di gunakan. Saat ini, satu sekon di definisikan sebagai selang waktu yang di perlukan oleh atom cesium – 133 untuk melakukan getaran  sebanyak 9.192.631.770 kali. Alat ukur yang di gunakan untuk men gukur besaran waktu, antara lain sebagai berikut.






1.      Arloji







Pada umumnya, arloji memiliki tiga jarum penunjuk, yaitu jarum jam,jarum menitm, dan jarum sekon.Jarum jam bergerak satu sekala setiap satu jam,jarum menit bergerak satu sekala setiap menit, sedangakan jarum sekon bergerak satu sekala setiap satu sekon.1 jam sama dengan 60 menit dan 1 menit sama dengan 60 sekon.

2.      Stopwatch













Stopwatch di gunakan untuk mengukur selang waktu suatu peristiwa berlangsung. Alat ini biasanay di gunakan di laboratorium dan  ketika berolahraga. Pengukuran  dengan selang waktu stopwatch di lakukan dengan menghidupkanya saat memulai pengukuran dan menghentikan atau mematikanya pada saat mengakhiri pengukuran.

1 komentar:

Tinggalkan jejak berupa comment/follow/like .
Menerima follow back dan tukeran Banner/Link .

INFORMATION BLOG INI DOFOLLOW :)