Pengenalan komputer


Komputer merupakan alat bantu pemrosesan data secara elektronik dimana semua pemrosesan data dilakukan berdasarkan urutan instruksi atau progam yang tersimpan dalam memori komputer. Komputer terdiri dari komponen hardware, software, dan brainware. Berikut masing-masing penjelasannya.

  1. Hardware
hardware merupakan perangkat yang bisa dilihat secara fisik oleh manusia yang medukung kinerja komputer. Jenis hardware pada komputer antara lain sebagai berikut.
  1. Hardware input,merupakan perangkat yang digunakan untuk memasukkan data pada komputer.
  2. Hardware proses,merupakan perangkat yang digunakan untuk memproses pada komputer.
  3. Hardware output,merupakan perangkat yang digunakan untuk menampilkan hasil olahan informasi dari komputer.
Pada tabel berikut dapat dilihat contoh dari perangkat keras.
No.
Nama Perangkat
Contoh
1.
2.
3.
Hardware input
Hardware proses
Hardware output
Keyboard,mouse,mouse pen,joystick, dan scanner.
Processor,RAM,ROM,VGA card, dan sound card
Monitor,speaker,proyektor, printer, dan plottor.

B.Software
Software merupakan sekumpulan perintah berupa program yang akan dieksekusi oleh mesin dalam sistem komputer. Jenis software pada komputer adalah sebagai berikut.
1. Perangkat lunak sistem,merupakan perangkat lunak yang ada dalam komputer yang dirangkai untuk memberi perintah atau mengatur alat-alat pada sistem komputer. Jenis perangkat linak sstem ada tiga macam, yaitu sebagai berikut:
  1. sistem operasi merupakan perangkat lunak yang dirancang untuk mengendalikan dan mengordinasikan kegiatan dari sistem komputer. Contoh perangkat lunak sistem operasi adalah DOS,Windows,LinukUNIX, dan lain-lain.
  2. Bahasa progam,merupakan peragkat lunak yang berfungsi mengofersikan algoritma kedalam format yang bisa dijalankan komputer. Contoh perangkat lunak bahasa pemrograman adalah Fortran,Cobol,Algol,Pascal,Visual basic,Delphi dan lain-lain.
  3. Utility software, merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk menyelesaikan permasalahan tertentu dalam sistem komputer. Contoh utiliy software antara lain norton utility,disk optimirzer,diaguare test, dan lain-lain.
2. Progam aplikasi, meupakan progam yang dibuat atau dirancang untuk menyelesaikan suatu aplikasi tertentu. Jenis progam aplikasi ads bermacam-macam,antaar lain progam pengolah kata (microsoft word),progam pengolah angka (microsoft excel),progam datebase (microsoft access),progam presentasi (microsoft powerpoint),progam garis(corelDRAW),progam bahasa (linguist), dan lain-lain.



C.Brainware
Brainware merupakan aspek manusia yang menjalankan komputer.contoh brainware antara lain entry data operator, sistem analist,administrator,progammer, dan lain-lain

1 komentar:

Tinggalkan jejak berupa comment/follow/like .
Menerima follow back dan tukeran Banner/Link .

INFORMATION BLOG INI DOFOLLOW :)